Sabtu, 06 April 2019

Pengertian dan Jenis RAM Lengkap

Pengertian dan Jenis RAM Lengkap - Di era modern ini, kita memiliki banyak kebutuhan di dunia online dan offline. Selain itu, semua kebutuhan ini hanya dapat diselesaikan dengan laptop atau komputer. Misalnya, Anda ingin bermain game berat, seperti GTA V, CS: GO, dan sebagainya. Jika Anda ingin bermain game berat, Anda juga harus menggunakan PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi, terutama di bagian RAM.

Pengertian dan Jenis RAM

RAM atau yang biasanya tidak kita miliki RAM adalah jenis penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses pada saat masih tidak peduli dengan lokasi data dalam memori.

Ini kontras dengan perangkat memori berurutan, seperti kaset, cakram, dan baterai, di mana gerakan mekanis media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Ketika mereka membuka aplikasi seperti Mozilla Firefox, Google, Microsoft Word dan, tentu saja, mereka membutuhkan kapasitas memori untuk membuka aplikasi dan memori terbuka disimpan dalam RAM. Berikut adalah jenis-jenis RAM di komputer.

1. SDRAM

Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) adalah memori komputer dinamis yang digunakan pada PC 1996-2003, yang telah mulai dikaitkan dengan Intel Pentium Pro atau Intel Pentium MMX atau Intel Pentium II 66 MHz dan diblokir pada 133 MHz. Dipasangkan dengan Intel generasi pertama Pentium 4 dan AMD Athlon / Duron.

Setelah itu, digantikan oleh RAM tipe DDR, dua kali lebih cepat dari SDRAM. Spesifikasi teknis memori SDRAM termasuk 168 pin, dengan tegangan 3,3 V dan FSB 100/133 MHz. Jenis RAM ini hanya memiliki kapasitas 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB dan 512 MB.Tapi saat ini, jarang ada orang yang menggunakannya.

2. DDR

Double Data Synchronous Rate (DDR) adalah jenis memori komputer yang dinamis. Ram ini mulai tumbuh pada tahun 2000. AMD adalah perusahaan pertama dari pengguna RAM jenis ini. DDR RAM dapat mentransfer data dua kali lebih cepat dan memiliki kemampuan untuk menggandakan siklus clock. Karakteristik teknis DDR memiliki kemampuan transfer rate dari 200 Mhz hingga 400 Mhz, dengan tegangan 2,5 V atau 2,6 V, pada 184 pin dengan rincian 92-pin di setiap sisi. Jenis RAM ini masih dapat ditemukan, tetapi sulit karena jarang bagi mereka yang masih menggunakan RAM.

3. DDR2

DDR2 adalah pengembangan dari RAM tipe DDR atau dapat disebut RAM DDR generasi kedua, yang memiliki kecepatan membaca 2 kali lebih tinggi (frekuensi bus) dibandingkan dengan RAM tipe DDR. Karakteristik teknis DDR2 Ini memiliki kecepatan transfer 400-1066.67Mhz dengan 1.8V dan termasuk 240 pin. Jenis RAM ini masih banyak digunakan dan mudah ditemukan.

4. DDR3

DDR3 adalah pengembangan RAM tipe DDR generasi ketiga, mungkin istimewa. DDR3 memiliki teknologi 90 nm, sehingga listrik yang digunakan hanya 1,5 V, RAM ini memiliki harga yang tidak murah antara 200 dan 500 lakh.

Kapasitas RAM DDR3 cukup memuaskan dengan kecepatan transfer 800-2133,33 MHz, DDR3 memiliki 240 pin dan sedikit condong ke tengah. Jenis RAM ini dijual di pasaran, biasanya RAM ini digunakan untuk komputer, spesifikasi gimnya cukup tinggi.

5. DDR4

DDR4 adalah pengembangan jenis RAM DDR Generasi 4 yang sangat spesial. Harga DDR4 cukup tinggi, mulai dari 500.000 hingga 3 juta rupee. Kedengarannya fantastis, bukan? Namun, kinerja yang sebanding sesuai dengan karakteristik teknis dari jam memori 200-300, transfer data 2133,33-4266,67 Mhz, yang 4 kali lebih banyak dari DDR2 dan hanya mengkonsumsi 1 daya listrik. , 2 volt. RAM DDR4 memiliki 288 pin.

RAM ini sangat cocok untuk komputer game yang memiliki spesifikasi tinggi. Keberadaan RAM DDR4 cukup sulit ditemukan karena jenis RAM ini hanya cocok untuk komputer gaming dan harganya tidak murah untuk pasar.

Di antara berbagai jenis RAM, saya sarankan menggunakan DDR3 atau DDR4 RAM, mengapa tidak mahal? Karena DDR 3 dan DDR 4 RAM memiliki data transfer data yang cukup tinggi, ini dapat mengurangi biaya listrik.

Bagaimana Anda tahu arti RAM? Apakah Anda juga tahu dan memahami jenis-jenis RAM? Jika demikian, selamat telah membaca artikel ini dengan seksama.